Senin, 03 Juni 2013

Sejarah Klub Juventus FC

Mungkin anda salah satu penggemar klub yang satu ini, dia adalah Juventus, klub yang sempat berjaya di Eropa dan italia. Klub yang tengah bermain di Serie A Italia ini adalah salah satu klub sepak bola terbaik Italia yang juga ditaburi beberapa pemain bintang dari berbagai negara. Kini Juventus tengah berada di puncal klasmen sementara italia, mereka berhasil meraih gelar Scudetto di musim lalu, sayangnya masih tidak berjalan mulus di liga champions, karena La Vechia Signorra harus mengakui kehebatan Bayern Munchen yang mengalahkan mereka dengan skor 2-0 di kandang maupun tandang. Walaupun demikian Juventus tidak akan menyerah untuk meraih gelar liga champions yang sudah lama mereka dambakan.

Juventus Football Club S.p.A. adalah nama lengkap dari Juventus FC ini, dengan beberapa julukan yang ditujukan kepada mereka seperti 'La Vechia Signorra' yang berarti (Si Nyonya Tua) dan I Bianconneri yang berarti (Hitam-Putih) sesuai warna kostum home mereka. Klub asuhan antonio Conte ini bermarkas di kota Turin, Italia, dan kini mereka sudah memiliki stadion sendiri yang bernama 'Juventus Arena'. Sebagai klub besar eropa tentu Juve memiliki sejarah yang cukup panjang sehingga dijuluki sebagai 'Si Nyonya Tua', nah seperti apa sejarah Juventus FC ? Berikut lebih lengkapnya.

Juventus FC Beridiri pada tanggal 1 November 1897 lahir sebagai sebuah klub yang bernama Sport Klub Juventus, dan kala itu didirikan oleh beberapa mahasiswa yang sekolah di Massimo D'Azeglio Lyceum di daerah Liceo D’Azeglio, Turin, Italia. Klub ini baru benar-benar menjadi klub sepak bola terkenal ketika berada dibawah kepemilikan keluarga Agnelli yaitu pada tahun 1923, keluarga tersebut sendiri adalah keluarga pemilik FIAT Group dan Juventus adalah salah satu bagian dari FIAT Group.

I Bianconneri tergolong klub hebat yang berhasil meraih Scudetto pertama mereka di usia mereka yang baru menginjak 8 tahun yaitu pada tahun 1905, dan kemudian kembali meraih gelar tersebut ketika berada di bawah kepemilikan keluarga Agnelli yaitu tahun 1925-1926, nampaknya Juventus memang mengalami perombakan yang cukup besar saat itu. Sejauh ini klub yang berada di bawah asuhan Antonio Conte ini telah sukses meraih 28 Scudetto. Kemudian gelar pertama liga champions mereka dapatkan di tahun 1984-85, dan kemudian gelar kedua di tahun 1995/1996. Juve juga sempat meraih gelar Piala Italia 9 Kali, Piala Super Italia 5 kali, Piala Super eropa, dan gelar domestik dan internasional lainnya. -  Taruhan Bola

Tidak ada komentar:

Posting Komentar